FisTx Indonesia

Semangat Panen Udang FisTx di Prigi Trenggalek

Kurang lebih dua bulan semenjak pemasangan pond portable FisTx pada bulan Juli 2020 di Instalasi Budidaya Air Payau Prigi Trenggalek tiba-tiba kami dikabari oleh Balai setempat bahwa sekitar bulan September 2020 Balai akan melaksanakan panen massal dan salah satu yang tempat yang dipanen adalah pond portable dari FisTx.

Menjadi suatu keberuntungan bagi kami, di tengah ketidakpastian dalam industri udang nasional, kami masih bisa bertahan melakukan budidaya udang hingga panen serta kami bisa mematahkan persepsi banyak pembudidaya bahwa kolam bulat tidak bisa diandalkan dalam melakukan budidaya udang. Padahal di sisi lain, sesungguhnya kolam bulat merupakan masa depan dalam melakukan kegiatan budidaya.

Panen udang di Prigi sendiri telah membuktikan bahwa melakukan kegiatan budidaya khususnya budidaya udang menggunakan kolam bulat merupakan suatu hal yang menarik untuk bisa dikembangkan ke depannya. Hal ini dikarenakan budidaya udang dengan menggunakan kolam bulat tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pembuatan serta pemasangannya, dapat dibongkar-pasang dengan mudah, tidak membutuhkan lahan yang luas, dapat melakukan self cleaning pembuangan dengan baik, serta dapat digunakan dengan padat tebar yang tinggi.

Selain melakukan panen di kolam bulat, Balai Budidaya Prigi juga melakukan panen total terhadap seluruh kolam/tambak milik Balai sehingga kegiatan pemanenan memakan waktu yang cukup panjang sekitar 2-3 hari untuk melakukan pemanenan terhadap seluruh tambak milik Balai. Kegiatan panen total di Balai Budidaya Prigi ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan panen berlangsung dengan meriah karena hampir semua kolam yang berada di Balai dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan hal ini diharapkan sektor perikanan budidaya khususnya budidaya udang vaname dapat menjadi penyokong pangan dan kegiatan ekonomi masyarakat, bahwa sesungguhnya budidaya udang vaname masih memiliki harapan besar untuk terus maju ke depannya.

Kesempatan ini masih terbuka lebar!

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Related Post