FisTx Indonesia

Waspada Berak Putih Pada Udang

Serangan penyakit yang dikenal dengan kotoran putih atau White Feces Disease (WFD) pada budidaya udang vaname saat ini. Dampak dari udang yang terkena WFD adalah menurunnya nafsu makan dan tubuh menjadi keropos. Menurunnya nafsu makan dapat berakibat hingga menyebabkan kematian pada udang dan pakan menjadi banyak terbuang sia-sia.

Penyakit WFD disebabkan kurang bijaknya pelaku pembudidaya udang dalam mencapai pertumbuhan udang sesuai target sehingga pemberian pakan dilakukan berlebihan. Tentu berlebihnya pakan menyebabkan tingginya bahan organik di perairan sehingga memicu pesatnya berbagai sumber penyakit untuk tumbuh.

Udang yang terserang penyakit ini ditemukan bakteri Vibrio Parahaemolyticus dan vibrio Algynoliticus, meskipun bakteri vibrio ini memang sudah ada pada tubuh udang, namun sangat banyak ditemukan bakteri vibrio ini pada tubuh udang yang sakit.

Tanda-tanda udang terkena WFD adalah munculnya kotoran udang berwarna putih yang mengambang di air atau ada di ancho, saluran hepatopankreas (di bagian perut yang biasanya penuh terisi makanan) mengecil dan berwarna keputihan, usus kosong, nafsu makan dan laju pertumbuhan menurun. Udang yang terinfeksi biasanya akan berwarna lebih gelap (terutama pada insang) dan lemas.

Guna mengantisipasi penyakit WFD adalah dengan adanya pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi kualitas lingkungan dan kesehatan udang.

Kualitas air yang buruk (kecerahan rendah (di bawah 20 cm), alkalinitas tinggi, DO rendah (< 3 ppm), total vibrio tinggi (> 10² CFU/ml), tingginya materi organik atau TOM, tingginya TAN, dan pakan berlebih harusnya menjadi peringatan yang dapat memicu terjadinya penyakit ini.

Biasanya orang-orang lebih senang melakukan sesuatu hal setelah kejadian, bukannya dengan melakukan tindak pencegahan. Pencegahan terjadinya WFD ini bisa dilakukan dengan terus mengontrol kualitas air pada tambak udang serta menggunakan obat-obatan dan probiotik.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Related Post