FisTx Indonesia

Kualitas Air Erat Kaitannya Dengan Pertumbuhan Udang Vaname

Udang vaname sangat dipengaruhi oleh kualitas air dan kuantitas pakan yang diberikan serta kondisi tambak udang. Budidaya udang vaname kualitas airnya dijaga pada kadar optimal,

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Kualitas Air Erat Kaitannya Dengan Pertumbuhan Udang Vaname
Adanya pengelolaan kualitas air yang baik pada tambak udang dapat menjaga kualitas air agar sesuai dengan baku mutu dan dapat meningkatkan produktivitas tambak. Pada setiap budidaya udang vaname, pengelolaan kualitas air tambak udang menjadi pertimbangan utama terutama di tambak udang dengan tingkat populasi yang tinggi. Penurunan kualitas air dapat mengganggu pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang vaname.

Air yang berkualitas baik dapat menjamin kelangsungan hidup dan pertumbuhan udang vaname. Budidaya udang vaname saat ini sangat dipengaruhi oleh kualitas air baik pada tambak udang dari parameter kimia, fisika dan bilogi. Semua parameter tersebut harus kita jaga agar terjadi keseimbangan antara udang vaname, mikroorganisme dan kandungan amoniak, nitrit, nitrat serta pH air yang harus selalu kita jaga di dalam tambak udang.

Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kelulushidupan dalam budidaya adalah faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik di antaranya adalah faktor fisika, kimia air suatu perairan atau sering disebut dengan kualitas air. Kualitas air yang baik akan menyebabkan proses fisiologi dalam tubuh biota berjalan dengan baik, sehingga mendukung pertumbuhan dan tingkat kelulushidupan udang vaname.

Kecepatan laju pertumbuhan udang vaname sangat dipengaruhi oleh kualitas air dan kuantitas pakan yang diberikan serta kondisi tambak udang. Apabila kondisi lingkungan baik dan pakan yang diberikan berkualitas maka laju pertumbuhan udang vaname akan lebih cepat pada tambak udang.

Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan bahwa pada pengukuran laju pertumbuhan pada budidaya udang vaname yang kualitas airnya dijaga pada kadar optimal diperoleh berat rata-rata udang vaname pada minggu pertama adalah 0,6 gram/ekor dan ketika panen berat rata-ratanya adalah 19,3 gram/ekor. Bahkan bisa diperoleh hal yang lebih tinggi lagi apabila diiringi dengan pengelolaan pakan dan penggunaan probiotik untuk meningkatkan kualitas air dan penyerapan pakan yang lebih optimal.

Related Post