UV Sterilizer, Metode Sederhana Tingkatkan Kualitas Air

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Dalam dunia aquaculture, beragam aspek yang perlu diperhatikan untuk menjaga hasil budidaya. Kelalaian pada satu aspek dapat mempengaruhi seluruh proses dan menurunkan optimalisasi budidaya. Salah satunya adalah kualitas air. Air yang menjadi komponen utama dan habitat dari ikan dan udang yang dibudidayakan. Tanpa penjagaan yang baik, maka hal ini bisa berefek pada ikan dan udang. Parameter kualitas ini meliputi banyak hal mulai dari kandungan substrat kimia hingga komponen biologis yang berkembang. Dalam mengatur kualitas air, dilihat dari parameter biologis, salah satu yang perlu diperhatikan adalah tingkat kebersihan air baku yang digunakan dari komponen yang berbahaya seperti dan bakteri. Komponen ini dapat menyebar dengan sangat cepat di dalam habitat tertutup seperti kolam dan fatalnya dapat berakibat pada gagal panen. Untuk itu, perlu adanya suatu metode yang menjaga air yang masuk ke dalam kolam tetap bersih. Dari banyak metode yang ada, metode UV Sterilizer menjadi metode yang cukup populer beberapa waktu ini.

Apa Itu Sinar UV ?

Sinar UV atau Ultra Violetmerupakan salah satu spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang yang pendek. Kemampuan sinar UV untuk merusak DNA/RNA mikroorganisme membuat bakteri dan virus gagal berkembang biak dan menjadi lebih tidak berbahaya. Konsep inilah yang bisa digunakan dalam dunia aquaculture. Sebagai gambaran, air baku akan dilewatkan melalui Sinar UV, baru diteruskan ke tahap filtrasi selanjutnya. Namun perlu diingat, bahwa sinar UV juga memiliki risiko kepada manusia jika terpapar dalam kondisi yang tidak ideal seperti ketika merakit lampu secara sembarangan untuk kolam budidaya. Maka dari itu, untuk mempermudah penggunaannya, kami di Fistx merancang sistem UV Sterilizer yang dapat dengan mudah diaplikasikan ke sistem kolam anda.

Bagaimana Aplikasi Sistem UV Sterilizer Ini ?

Ada beberapa sistem UV Sterilizer yang dirancang bagi anda oleh tim Fistx. Yang pertama adalah Mobile Water Sterilizer. Sistem ini merupakan sistem terpusat sterilisasi dan filtrasi air yang dilakukan dalam satu alat. Dalam sebuah unit Mobile Water Sterilizer sudah mencakup fungsi sterilisasi UV, sterilisasi O3 (ozone), dan sand filter. Dalam sebuah sistem terpusat yang praktis ini, air hasil proses sudah dapat langsung dialirkan ke kolam dan dari prosesnya tidak ada residu yang dihasilkan. Sehingga sistem ini sangat dapat diandalkan. Dengan sistem ini, menurut hasil uji yang telah dilakukan, dapat membantu pelaku aquaculture menghemat dibandingkan menggunakan desinfektan berbasis kimia. Dengan kemampuan mensterilkan hingga 99% komponen penganggu, sehinnga kolam menjadi habitat ideal bagi ikan dan udang yang dibudidayakan.

Untuk sistem yang lebih sederhana dan dijadikan tambahan dalam sistem filtrasi yang sudah ada, tim Fistx juga menyediakan desain UV Sterilizer yang lebih sederhana, yaitu UV PVC dan UV Stainless Steel. Kedua sistem ini bisa ditambahkan pada sistem filtrasi yang telah ada sehingga membuat hasil pengolahan air baku pada kolam menjadi lebih lengkap dan menghasilkan air baku yang lebih bersih dengan biaya yang lebih terjangkau. Sehingga sistem ini menjadi sebuah sistem yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi kolam yang ada.

Dengan desain dari Fistx, anda dapat memperoleh dukungan sistem UV Sterilizer terbaik dengan desain yang fleksibel dan handal. Sistem yang telah disesuikan dengan kondisi masing-masing kolam anda dapat membantiu meningkatkan kualitas air menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu, setiap kolam budidaya dapat menghasilkan panen yang optimal.

Related Post