Manfaat dan Peluang Ekspor Budidaya Udang Vaname

Udang termasuk ke dalam golongan seafood yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan karena udang dapat diolah menjadi bahan makanan apapun yang menggugah selera. Diketahui juga udang memiliki banyak jenis yang tersebar di seluruh dunia dan salah satunya adalah udang vaname yang merupakan jenis udang cukup terkenal serta sering dijumpai di Indonesia. Udang vaname juga menjadi komoditas perikanan Indonesia yang memiliki nilai ekonomis tinggi bahkan bisa menghasilkan omset milyaran rupiah.

Maka tak heran jika banyak sekali orang yang tertarik untuk menjalankan usaha budidaya udang jenis ini, karena selain usaha yang menjanjikan di dalam negeri, peluang untuk ekspornya juga cukup tinggi karena tingginya minat pasar dunia terhadap udang. Bagaimana sih manfaat dan peluang ekspor udang vaname ini? Simak pembahasannya dalam artikel berikut ini

Apa itu Udang Vaname ?

Jenis-jenis udang sangatlah banyak, sehingga bukan tidak mungkin nama udang vaname menjadi asing di telinga Anda. Udang vaname atau dengan bahasa latinnya Liopenaeus vannamei merupakan jenis udang yang berasal dari daerah subtropis pantai barat Amerika, mulai dari bagian Teluk California yang ada di Meksiko, lalu Guatemala, El Salvador, Nikaragua sampai ke Peru Amerika Selatan.

Di Indonesia sendiri udang ini masuk sekitar tahun 1996, untuk memenuhi kebutuhan udang nasional yang tidak tercukupi, akibat produksi udang windu yang menurun akibat kematian massal. Namun baru naik daun dan menjadi lahan bisnis yang potensial sekitar tahun 2001.

Seperti daerah asalnya budidaya dapat dilakukan air tawar maupun payau, dengan lokasi dataran rendah hingga sedang. Secara morfologi, udang jenis ini lebih besar daripada udang biasa namun lebih kecil dari udang windu. Tubuhnya berwarna agak putih dengan warna kekuningan dengan kulit keras dan daging yang tebal dan kaki berwarna putih. Tubuhnya cukup besar, walau tidak sebesar udang windu, dan pertumbuhannya pesat sekali.

Manfaat bagi Kesehatan

Tak heran jika banyak orang yang menyukai udang vaname, selain rasanya yang nikmat juga memiliki banyak manfaat, yaitu:

  1. Bantu untuk turunkan berat badan, udang ini tinggi protein, begitu juga dengan kandungan vitamin D hingga zat besi. Makanan yang tinggi protein bagus untuk Anda yang tengah berdiet.
  2. Dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kardiovaskular, astaxanthin yang terdapat dalam udang sangat bagus untuk mencegah inflamasi yang mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. kesimpulannya sistem peredaran darah lancar maka jantung juga akan bekerja normal dan sehat.
  3. Cegah efek penuaan dini, astaxanthin selain mencegah inflamasi nyatanya juga memiliki efek untuk kurangi tanda-tanda penuaan dini yang terjadi pada kulit, diantaranya adalah disebabkan karena pengaruh buruk sinar UV.
  4. Membantu tingkatkan fungsi otak, zat besi bagus untuk membantu proses pengikatan oksigen dalam darah. Sehingga aliran darah menuju ke otak juga kian lancar.
  5. Cegah risiko osteoporosis, selain protein nyatanya udang ini juga banyak memiliki mineral penting seperti kalsium dan fosfor yang bagus untuk cegah resiko pengeroposan tulang

Rasa yang nikmat dan sejumlah manfaat tetap memiliki resiko apabila mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih. Resiko tersebut adalah kolesterol yang cukup tinggi yang sama halnya terkandung pada produk perikanan laut lainnya.

Peluang Ekspor Budidaya Udang Vaname

Tidak susah mendapatkan produk perikanan satu ini. Anda bisa membeli udang jenis ini di pasar, supermarket, bahkan situs jual beli online. Harga sendiri bervariasi, tergantung ukuran dan beratnya. Nah, berikut kami sajikan informasi terkait update harga udang vaname di pasar dalam negeri.

Harga di pasaran terpantau fluktuatif. Sebagai contoh, udang vaname size 90 yang awalnya dijual seharga Rp75.000, kini turun menjadi Rp62.050 ribu per kg. namun penurunan harga justru berbeda dengan harga udang vaname size 20 yang sedikit naik dari Rp120 ribu menjadi Rp130 ribu per kg.

Oleh karena itu bisnis budidaya udang vaname tetap menjanjikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), volume nilai ekspor udang Indonesia tahun 2021 mencapai US$2,23 miliar atau sekitar 39% dari total nilai ekspor produk perikanan. Angka itu meningkat 9,3% dibandingkan tahun 2020 meski di tengah fluktuasi harga di pasaran.

perikanan

Sementara, nilai ekspor udang pada Januari hingga November 2021 tercatat sebesar US$ 36,75 juta. Nilai ekspornya naik hingga 48,68% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya sebesar US$ 24,72 juta. Negara-negara di kawasan Asia merupakan pasar terbesar ekspor udang budidaya Indonesia.

Akan ada banyak tips dan informasi yang menarik lainnya di sini , salam cuan !

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Related Post