Peningkatan Kualitas Udang dengan Super Aqua

Peningkatan kualitas udang

Udang yang berkualitas adalah udang yang sehat dan mampu bertahan dalam kolam sampai waktu panen tiba. Peningkatan kualitas udang dapat dilihat berdasarkan kriteria berikut :

  1. Udang yang sehat sangat aktif dan sering berenang
  2. Morfologi pertumbuhan udang normal
  3. Perut terisi penuh
  4. Bebas dari parasit (tidak ada organisme lain yang menempel ditubuh)
  5. Otot bersih, tidak keruh
  6. Perbandingan lebar otot dengan usus adalah 3:1
  7. Bagian insang berwarna putih atau keabuan (terlihat segar)
  8. Tidak ada bintik-bintik tubuhnya, molting, atau luka pada tubuh.

Salah satu upaya untuk menjaga serta peningkatan kualitas udang adalah dengan memberikan pakan yang bernutrisi tinggi dan pemberian secara berkala dan teratur. Dalam sebuah jurnal disebutkan bahwa Udang vaname memerlukan pakan dengan kandungan protein 35%. Kandungan asam amino yang masuk dalam kategori protein yang diberikan pada udang harus benar-benar seimbang. Asam amino esensial yang dibutuhkan krustase adalah arginina, histidina, isoleusina, leusina, lisina, metionina, fenilalanina, threonina, trptofan, dan valina. Sedangkan kebutuhan fosfolipid sebesar 2% dalam pakan terutama phosfatidikolan kolesterol, atau fitosterol serta highly unsaturated fatty acids (HUFA) (Nopitawati, 2010).

Super Aqua, Local food additive

peningkatan ternak udang

Pakan ternak udang tambahan guna meningkatkan kualitas dapat berupa makanan probiotik, vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut dapat ditemukan pada produk Super Aqua. Super aqua merupakan feed additive tidak hanya dapat digunakan untuk ternak udang, tetapi juga untuk ikan yang mengandung multivitamin dan mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan nutrisi bagi udang dan ikan. Penggunaan Super Aqua dapat menurunkan stress pada udang dan ikan, meningkatkan imunitas, dan menyediakan multivitamin yang dibutuhkan pada fase molting dan metabolisme. Super Aqua diproduksi di Indonesia dengan teknologi modern, sehingga kualitas suplemen pakan ini tidak perlu diragukan lagi. Produk ini bisa didapatkan melalui situs resmi Fistx.

Cara penggunaan Super Aqua untuk Peningkatan kualitas udang

  1. Campurkan Super Aqua dengan pakan dosis 5 ppt.
  2. Tambahkan air tawar maupun probiotik cair secukupnya atau 250 ml air per 10 kg pakan.
  3. Keringkan dengan cara dianginkan dan jangan terkena sinar matahari langsung.

Baca juga mengenai pemeliharaan air pada budidaya udang.

 

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Related Post