fistxpedia

Budidaya Udang Vaname Dengan Kombinasi Probiotik, Prebiotik Dan Sinbiotik

Revfvi Al Ghaney Rizal | WriterDiunggah 29 Desember 2023

Budidaya udang vaname telah menjadi salah satu sektor penting dalam industri akuakultur. Kesehatan udang menjadi faktor kunci dalam mencapai keberhasilan produksi yang optimal. Dalam upaya menjaga kesehatan udang vaname, peran probiotik, prebiotik, dan simbiotik menjadi esensial. Artikel ini akan membahas secara mendalam bagaimana ketiga unsur tersebut berperan dalam menjaga kesehatan budidaya udang vaname.

  • Probiotik: Sahabat Kesehatan Udang

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan manfaat positif bagi inangnya. Dalam budidaya udang vaname, probiotik membantu menjaga keseimbangan kualitas air serta mikrobiota dalam metabolisme udang. Sehingga dengan begitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi patogen.

  • Prebiotik: Nutrisi Penting untuk Mikroflora Usus

Prebiotik adalah senyawa yang mengacu pada oligosakarida atau gula komplek yang tidak dapat dicerna yang memberikan efek menguntungkan bagi inangnya dengan cara merangsang pertumbuhan dan aktivitas sejumlah bakteri probiotik  tertentu di usus sehingga meningkatkan kesehatan inang.

  • Sinbiotik: Sinergi Probiotik dan Prebiotik

Simbiotik adalah kombinasi antara probiotik dan prebiotik yang bekerja bersama untuk mencapai efek sinergis. Dalam budidaya udang vaname, simbiotik menciptakan kondisi ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme baik dan memberikan perlindungan lebih baik terhadap patogen.

Baca Juga : Strategi Pengendalian Udang Vaname dengan Probiotik

Manfaat Sinbiotik (Probiotik dan Prebiotik)

  1. Peningkatan Kesehatan Udang

Dengan memahami dan mengoptimalkan peran probiotik, prebiotik, dan simbiotik, kita dapat meningkatkan kesehatan udang vaname secara keseluruhan. Sebagai contoh pemberian sinbiotik melalui perairan mampu memjaga kualitas air.

Data dinoflagelata sebagai indikator kondisi perairan tambak

Dari data diatas pemberian probiotik mampu menekan dominasi dinoflagelata di tambak. Hal ini berdampak positif bagi keseimbangan ekosistem dan mengurangi gangguan kesehatan pada udang. Selain itu pemberian simbiotik pada udang melalui pakan mampu membentuk sistem imun udang dalam merespons patogen atau benda asing yang masuk. Hal ini dapat mengurangi mortalitas dan meningkatkan produktivitas budidaya.

2. Optimasi Pertumbuhan

Kombinasi probiotik, prebiotik, dan simbiotik dapat meningkatkan efisiensi pakan, penyerapan nutrisi, dan pertumbuhan udang. Hal ini dikarenakan pemberian ketiganya dinilai menghasilkan enzim-enzim seperti protease, lipase dan amilase yang dapat membantu meningkatkan kecernaan pakan. Kecernaan pakan yang meningkatkan akan sejalan dengan pertumbuhan yang optimal. Tentunya ini memberikan keuntungan ekonomis bagi para petambak udang.

Tips Penerapan Probiotik, Prebiotik, dan Simbiotik

Dengan memahami peran penting probiotik, prebiotik, dan simbiotik, petani udang vaname dapat mencapai keberhasilan budidaya yang berkelanjutan. Bersumber dari tim akuakultur FisTx, pemberian kombinasi probiotik dan prebiotik sebagai sinbiotik dapat dilakukan dengan metode 3.1.1 . Metode 3.1.1 merupakan metode pemberian probiotik dan prebiotik dengan 3 kali penggunaan prebiotik dalam 1 minggu, 1 kali penggunaan probiotik dalam 1 minggu, dan 1 hari jeda penggunaan antara prebiotik dan prebiotik. 

budidaya udang
Skema Pemberian Probiotik Metode 3.1.1

Dengan implementasi yang tepat, kesehatan udang dapat ditingkatkan, dan hasil produksi dapat dioptimalkan, serta memberikan manfaat jangka panjang bagi industri budidaya udang vaname.

Punya permasalahan dalam budidaya udang? Konsultasikan segera dengan tim akuakultur FisTx disini secara GRATIS!