fistxpedia

Kenali Gejala Berak Putih Pada Budidaya Udang (WFD)

Revfvi Al Ghaney Rizal | WriterDiunggah 17 Juli 2023

Efek negatif yang ditimbulkan sistem budidaya udang Intensif (Padat Penebaran Tinggi) jika tidak diiringi dengan management budidaya yang bagus akan menimbulkan banyak permasalahan. Salah satunya WFD (White Feces Disease) atau nama lainnya yaitu berak putih pada budidaya udang masih menjadi momok bagi pembudidaya udang vaname di Indonesia. Hal ini dikarenakan “Efek Domino” yang ditimbulkan jika sudah terdampak WFD, mulai dari kematian massal, ketidakstabilan lingkungan, hingga tidak efektifnya pakan yang diberikan sehingga membuat biaya produksi semakin besar.

WFD sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Vibrio pada hepatopankreas udang sehingga proses pencernaan dan penyerapan makanan terganggu. Gejala klinis yang menjadi tanda udang budidaya terkena berak putih yaitu : menurunnya nafsu makan, usus yang berwarna putih pucat dikarenakan tidak adanya makanan yang masuk, terdapat berak putih yang mengambang di permukaan air dan pertumbuhan yang abnormal. Di samping Vibrio sp yang menjadi penyebabnya, ada faktor lain yang membuat WFD ini mudah masuk ke dalam sistem budidaya kita. Diantaranya manajemen budidaya yang buruk, over feeding, Penggunaan benur yang tidak unggul, kualitas air yang tidak terjaga, dan minimnya pengetahuan para pembudidaya yang berdampak pada pengambilan keputusan treatment.

Perlu adanya pencegahan dini terhadap potensi penyakit berak putih pada udang. Beberapa langkah yang dapat kita ambil diantaranya: Lebih bijak dalam pemberian pakan, penggunaan Benur yang unggul hasil dari Induk F1 (SPF & SPR), rutin membuang hasil metabolisme dan sisa pakan supaya meminimalisir media Vibrio sp untuk tumbuh, serta pengayaan pakan dengan feed additive untuk menambah imunostimulan udang dari dalam. Untuk menghadapi gempuran penyakit WFD ini, FisTx mempunyai solusi dalam menjawab permasalahan ini. Chemo Attractant membantu kita  menjawab permasalahan dari penyakit WFD pada budidaya udang anda. Chemo Attractant dilengkapi dengan ekstrak bawang putih yang berfungsi sebagai antioksidan alami, menambah imunitas udang anda dalam menghadapi ganasnya penyakit yang mewabah.