fistxpedia

Probiotik Udang Bakteri Bacillus Subtilis, Sahabat Petambak

Revfvi Al Ghaney Rizal | WriterDiunggah 05 Januari 2024

Budidaya udang merupakan industri yang berkembang pesat, namun dihadapkan pada tantangan kesehatan dan manajemen lingkungan. Dalam upaya untuk meningkatkan keberlanjutan dan produktivitas budidaya udang, petambak udang mulai banyak menggunakan bakteri pendukung seperti probiotik. Salah satu bakteri probiotik yang menjadi sahabat para petambak adalah Bacillus subtilis.

Agen Kesehatan Udang Efektif

Bacillus subtilis, bakteri bersifat gram-positif, memiliki kemampuan membentuk spora dan toleran terhadap lingkungan yang beragam. Bacillus subtilis dikenal sebagai bakteri peningkat sistem imun udang, mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan daya tahan terhadap kondisi lingkungan yang berubah.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan Udang

Bacillus subtilis membantu mencegah masalah pencernaan, termasuk penyakit White Feces Disease (WFD), melalui optimalisasi keseimbangan bakteri dalam usus udang. Bakteri ini secara positif memodulasi mikroflora usus udang dan meningkatkan proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Manajemen Limbah Amonia Ramah Lingkungan

Bakteri ini berperan dalam menghasilkan enzim protease ekstraseluler, dimana enzim ini berperan sebagai agen pembersih bahan pencemar yang bersifat protein. Hal ini dapat terjadi karena sisa pakan yang terdapat di dalam perairan akan dirombak oleh enzim protease menjadi senyawa sederhana yang kemudian akan digunakan oleh bakteri sebagai komponen untuk pertumbuhan

Dengan efek positif pada pencernaan, kekebalan udang, dan manajemen limbah amonia, bakteri ini tidak hanya memberikan solusi untuk tantangan kesehatan, tetapi juga untuk keseimbangan ekosistem perairan tambak.

Saatnya Menggunakan Probiotik

Penggunaan probiotik menjadi salah satu pilihan dalam membuat hasil panen yang optimal. Di tengah isu harga udang yang sedang turun, pengelolaan manajemen kesehatan udang menjadi penting untuk dilakukan. 

Probiotik Udang

Anda dapat menemukan produk probiotik berkualitas di FisTx yaitu TipTopp Pond. TipTopp Pond merupakan probiotik yang mengandung bakteri Bacillus subtilis serta jenis Bacillus lainnya yang dapat menurunkan kadar amonia peraiaran, mengurangi kepadatan bakteri Vibrio, serta membantu menjaga kesehatan dan kecernaan udang.

Dapatkan TipTopp Pond sekarang dengan menghubungi tim akuakultur FisTx.